Sebelumnya kita sudah pernah membahas apa itu pengertian dari Manajer ataupun pemimpin . Nah pada postingan saya kali ini saya akan membahas tentang Sistem Manajemen .
Mari di baca dan di simak baik baik yaa guys ..
Semoga bermanfaat .. :)
Sistem Manajemen dapat dibedakan atas :
- Manajemen Bapak
- Manajemen Tertutup
- Manajemen Terbuka
- Manajemen Demokrasi
Diartikan bahwa setiap usaha dan aktivitas bawahan selalu mengikuti perintah bapak/manajr/pemimpin .
Kebaikannya :
Jika pemimpin tepat pada proporsi yang benar , pekerjaan dapat cepat diselesaikan sehingga tujuan tercapai dengan baik .
Kelemahannya :
- Jika pimpinan tidak benar , perushaan akan hancur .
- Kemajuan perusahaa terbatas , karena tergantung kecapakan pemimpin.
- Bila terjadi pergantian pemimpin maka pemimpin baru sulit melakukan tugas kepemimpinan .
- Bawahan tidak punya kreativitas (hanya ok bos) .
Manajer tidak memberitahukan atau menginformasikan keadaan perusahaan kepada para bawahan nya walaupun dalam batas tertentu .
Kebaikannya :
Rahasia dan keadaan perusahaan sangat terjamin .
Pengambilan keputusan cepat , karena bawahan tidak terlibat .
Kelemahannya :
- Bawahan tidak mengetahui keadaan perusahaan .
- Masalah dan pemecaham masalah hanya dihadapi manajer .
- Tidak mempersiapkan kader pengganti .
- Bawahan bersikap apatis terhadp masalah yang dihadapi perusahaan .
Manajer banyak meginformasikan keadaan perusahaan kepada bawahan nya walaupun dalam batas tertentu .
Semakin tinggi kedudukan bawahan semakin banyak mengetahui rahasia perusahaan tetapi rahasia jabatan selalu di pegang oleh manajer .
Dalam mengambil keputusan , manajer memberi kesempatan kepada bawahan untuk memberikan saran / pendapatnya . Mesipun keputusan terakhir tetap di tangan manajer .
Kebaikannya :
- Bawahan ikut memikirkan kesulitan dan penyelasaian masalah yang di hadapi perusahan .
- Bawahan mengetahui arah yang di ambil perusahaan .
- Bawaha lebih bersemangat dan berpartisipasi dalam melaksanakan tugasnya .
- Pengkaderan terjamin , karena bawahan telah terbina dan terlatih .
- Timbul komptisi yang sehat .
- Menimbulkan hubungan dan kerjasama yang semakin baik .
- Menimbulkan rasa solidaritas yang tinggi.
- Pengambilan keputusan lama dan bertele tele
- Rahasia perusahaan kurang terjamin .
- Wibawa atasan berkurang karena kecakapan dan kepemimpinan manajer di ketahui bawahan .
Hampir sama dengan manajemen terbuka , perbedaannya adalah :
- Manajemen demokrasi hanya dapat dilakukan dalam suatu organisasi yang setiap anggotanya mempunyai suara yang sama (MPR , DPR , Koperasi dll) .
- Dalam manajemen demokrasi setiap anggota ikut menetapkan keputusan berdasarkan suara terbanyak (keputusan bersama) .
- Keputusan yang diambil relatif baik karena dipikirkan dan di putuskan oleh banyak orang .
- Kecenderungan bertindak otoriter dapat dihindari .
- Keputusan yang diambil di pertanggungjawabkan oleh para anggota .
- Ruang lingkup dan arah keputusan diketahui oleh masyarakat .
- Biaya dan waktu pengambilan keputusan besar dan bertele tele .
- Minoritas yang kalah suara terpaksa menyetujui keputusan yang di ambil .
- Minoritas yang cakap berargumentasi dapat mempengaruhi anggota lain dalam mengambil keputusan .
- Pimpinan sidang dapat mengarahkan rapat dalam menggolkan keputusan .
Manajemen Informatika
Politeknik Negeri Lampung
Tidak ada komentar :
Posting Komentar