Assalammualaikum wr.wb!!
Kali ini saya akan share materi mata kuliah saya Dasar Dasar Manajemen , semoga dapat bermanfaat yah :-)
1.Pengertian Manajemen
Manajemen adalah sebuah proses dalam rangka
untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara
bersama sama dengan orang - orang dan sumber daya yang dimiliki
organisasi.
2.Ruang Lingkup Manajemen
Istilah manajemen , mengandung 3 pengertian yaitu :
1). Manajemen sebagai proses
2). Manajemen sebagai kolektivitas orang yang beraktivitas.
3). Manajemen sebagai seni dan ilmu .
1).Manajemen sebagai proses
Merupakan proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu di selenggarakan dan di awasi .
2).Manajemen sebagai kolektivitas orang yang beraktivitas.
Manajemen sebagai kolektivitas orang orang yang melakukan aktivitas manajemen .
3).Manajaemen sebagai seni dan ilmu .
Manajemen sebagai seni berfungsi untuk mencapai tujuan , sedangkan manajemen sebagai ilmu berfungsi untuk menerangkan fenomena , kejadian , dan keadaan .
3.Definisi Manajemen
a) Malayu Hasibuan (1986)
Manajemen adalah ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber sumber lain nya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
b) GR Terry (1972)
Manajemen merupakan suatu proses tindakan tindakan perencanaan , pengorganisasian ,penggerakkan dan pengendalian yang di lakukan untuk menentukan sasaran atau tujuan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain .
c) Haiman
Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu dengan menggunakan kegiatan orang lain dan mengawasi usaha individu untuk mencapai tujuan bersama .
d) Sondang P.Siagian (1978)
Manajemen adalah suatu proses kemampuan dan keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian suatu tujuan melalui kegiatan orang lain .
4.Perbedaan ilmu pengetahuan dan seni
Ilmu pengetahuan : Berkembang secara teoritis , membuktikan ,meramalkan , memberi definisi ,memberikan kepastian atau ukuran .
Seni : Berkembang secara praktis , merasa , menerka , menguraikan atau mengajarkan serta memberikan pendapat .
5.Berdasarkan sifat kerja nya , manajemen dapat di golongkan menjadi :
1) . Manajemen Administratif ( Administrative Management )
Manajemen yang menitikberatkan pada bidang pemikiran atau kerja fikir .
2). Manajemen Operatif ( Operative Management )
Manajemen yang langsung memimpin kerja yang arah tercapainya karya yang nyata .
3). Manajemen Intepretor
Pejabat pimpinan yang dapat menerjemahkan hasil karya manajemen administratif ke bahasa operatif dan sebaliknya .
6.Berdasarkan luas nya , manajemen di bedakan menjadi :
1) Makro manajemen : Manajemen pada umumnya seperti yang terdapat pada bidang kenegaraan , perusahaan dll.
2) Mikro manajemen : Manajemen dalam bidang yang lebih khusus seperti manajemen agribisnis , manajemen keuangan , manajemen sumber daya manusia , manajemen produksi , dll .
Manajemen Informatika
Politeknik Negeri Lampung
Tidak ada komentar :
Posting Komentar