Masih bahas tentang manajemen yaaa guys , sebelum nya kita udah bahas yaa pengertian manajemen itu apa dan ruang lingkup nya bagaimana .
Nah pada postingan saya kali ini , saya membahas tentang bentuk aliran manajemen .
Bentuk Aliran Manajemen , di bedakan menjadi 3 aliran utama , yaitu :
1.Aliran klasik (Dibagi menjadi aliran manajemen ilmiah dan aliran teori organisasi klasik) .
2.Aliran neoklasik , yang dikenal dengan aliran hubungan manusiawi atau aliran tingkah laku .
3.Aliran manajemen modern .
1.Aliran Klasik
a.Aliran Manajemen Ilmiah
Aliran ini di sebut juga teori manajemen ilmiah (scientific management theory) yang muncul sebagai akibat dari adanya kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas . Bermula ketika di awal abad ke-20 , di Amerika Serikat dan belahan dunia lainnya , tenaga kerja terasa amat kurang . Sehingga satu satunya cara untuk meningkatkan produktivitas adalah menaikkan efisiensi para pekerja .Aliran ini mula mula di kenalkan oleh Frederick W.Taylor (1856-1915) .Sekitar tahun 1900-an beliau di sebut sebagai bapak manajemen ilmiah .Taylor adalah seorang manajer dan penasehat perusahaan , ia menerapkan cara cara ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah dalam perusahaan dan dari hasil analisanya menetapkan bahwa hasil yang memuaskan akan di peroleh apabila manajemen memperhatikan dengan seksama baik unsur unsur alat dan unsur unsur manusia .
Taylor mengemukakan 4 prinsip , yaitu :
1). Melenyapkan unsur coba-coba dan tiap unsur pekerjaan harus ditetapkan kemajuan ilmu pengetahuan
2). Memilih pekerja yang terbaik untuk setiap tugas tertentu dan selanjutnya melatih dan mendidiknya.
3). Setiap petugas menerapkan hasil-hasil ilmu pengetahuan.
4.Membagi pekerjaan yang sebaik-baiknya antara pimpinan dan petugas-petugasnya atau kerjasama yang baik antara manajemen dan tenaga kerja.
Pendapat yang menarik dari Taylor ialah: Beliau berpendapat bahwa manajer adalah pelayan bagi bawahannya.Taylor juga mendorong majikan-majikan untuk membayar pekerja yang lebih produktif dengan upah yang lebih tinggi daripada yang lain. Jadi para pekerja didesak untuk melewati standar prestasi kerja yang terdahulu untuk emndapatkan upah yang lebih tinggi. Taylor menyebut sistem ini : differential rate system (sistem tarif berbeda).Selain Taylor, Gilbert bersaudara dan Hendry Laurence Gantt juga termasuk dalam aliran ini.
b.Aliran teori organisasi klasik (Classical organization theory)
Manajemen ilmiah mengemukakan bagaimana cara meningkatkan produktivitas dari pabrik dan sumber daya manusia.Maka pada teori organisasi klasik adalah menumbuhkan kebutuhan untuk menemukan pedoman pengelolaan organisasi yang kompleks .
Hendri Fayol ,berpendapat
bahwa ada
prinsif manajemen
tertentu, dan
itu dapat
dipelajari.
Hendri
Fayol juga mengembangkan
hasil pemikirannya,
terutama dalam
lingkungan
pemerintah bahwa prinsif
administrasi
dapat dikembangkan
ke semua
organisasi.
Prinsip manajemen menurut hendri :
1.Division
of work.
2.Autority.
3.Dicipline.
4.Unity
of command.
5.Unity
of direction.
6.Subordination
of individual interest to general interest.
7.Remuneration.
8.Centralization.
9.Scalar
chain.
10.Order.
11.Equity.
12.Stability
of turn over personnel.
13.Initiative.
14.Ecsprit de
crops.
1.Division
of work.
Pembagian kerja tujuannya menghasilkan pekerjaan yang
lebih banyak dengan usaha
yang
sama.
2. Autority.
Wewenang adalah hak memberi instruksi yang meminta kepatuhan.
Autority dibedakan menjadi 2 :
1.
Personal autority bersumber dari intelengensia, pengalaman, nilai
moral, pelayanan
masa lalu dan sebagainya .
2.
Official autority yang
diterima dari instansi yang
lebih tinggi.
Autority berhubungan dengan responsibility (tanggung
jawab).
3. Dicipline.
Kepatuhan, yakni melakukan apa yang sudah disetujui
bersama antara pemimpin dengan pekerja.
4.
Unity of command.
Dalam setiap tindakan, seorang pegawai harus menerima
instruksi dari satu orang saja. Tidak mungkin melakukan
instruksi yang sifatnya dualistis.
5.
Unity of direction.
Satu atasan dan satu rencana
6. Subordination of individual interest to general interest.
Kepentingan perusahaan harus diatas kepentingan pribadi.
7.
Remuneration.
Kesejahteraan karyawan harus diperhatikan baik gaji, tunjangan
suasana kerja, pelatihan dsb.
8.
Centralization.
Peranan terbesar dipimpinan. Sedangkan peranan yang terbesar
diberikan ke bawahan disebut desentalisasi.
dan sebagainya ..
Manajemen Informatika
Politeknik Negeri Lampung
Tidak ada komentar :
Posting Komentar